ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA LEMON GRASS (BAB III)

Posted: 03/01/2011 in Metode Riset
Tag:

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

 

3.1  Objek Penelitian

Dalam penelitian ilmiah ini penulis memilih objek penelitian para konsumen pada Lemon Grass di Food Court Depok Town Square.

3.2  Data yang digunakan

Data yang digunakan oleh penulis adalah data primer. Data primer merupakan sumber data penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber asli (tidak melalui media perantara). Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada konsumen Lemon Grass.

3.3  Teknik Pengambilan Sampel

Dalam penulisan ini teknik sampel yang digunakan adalah penarikan sampel secara sederhana (Simpel Random Sampling) prinsip dasarnya bahwa setiap populasi mempunya peluang yang sama untuk ditarik sebagai anggota sampel. Jumlah sampel yang besarnya ‘n’ yang dapat ditarik dan anggota dalam populasi adalah N.

  1. Populasi

Populasi adalah kumpulan dari individu dengan kualitas secara ciri-ciri yang telah ditetapkan. Kualitas atau ciri-ciri tersebut dinamakan Variable.

2.  Sampel

Sampel merupakan bagian dari populasi. Survey sampel dapat di definisikan sebagai prosedur dimana hanya sebagian dari populasi saja yang di pergunakan untuk menentukan sifat dan serta ciri yang di kehendaki dari perusahaan.

Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 konsumen dari Lemon Grass.

3.4  Metode Pengumpulan Data

1.    Studi Lapangan

Yaitu mengumpulkan data dan informasi dengan survey langsung ke lokasi penelitian.

2.    Riset Kepustakaan

Yaitu dengan membaca dan mempelajari buku-buku perpustakaan, catatan, literatur yang ada hubungannya dengan penulisan ilmiah sebagai latar belakang pengetahuan.

3.    Kuesioner

Adalah mengajukan daftar pertanyaan kepada pihak-pihak yang berhubungan langsung dengan masalah yang akan diteliti dan diisi oleh responden sendiri serta  bertujuan untuk  memperoleh data berupa jawaban-jawaban dari responden pertanyaan-pertanyaan yang diberikan adalah mengenai tingkat kepuasan konsumen.

Metode pengumpulan data dengan kuesioner yang dipergunakan dalam penelitian ini dimana 100 orang respoden mengambil jawaban paling relevan untuk menjawab pertanyaan yang sesuai dengan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Kuesioner yang dibuat  dalam penelitian ini terdiri dari 10 pertanyaan. Daftar pernyataan yang berkaitan dengan kualitas pelayanan mengandung 3 variabel, diantaranya adalah :

  1. Kualitas Makanan

Konsumen akan merasa puas apabila setelah membeli makanan tersebut ternyata kualitas Makanan dinilai baik oleh konsumen tersebut.

2.  Harga

Untuk konsumenyang sensitif, terkadang harga murah adalah kepuasan yang penting karena mereka akan mendapatkan value of money yang tinggi.

3,  Kualitas Pelayanan

Kualitas pelayan sangat bergantung pada 3 hal, yaitu :sistem, teknologi, dan manusia. Kepuasan terhadap kualitas biasanya sulit ditiru, karena pembentukan attituted dan perilaku yang seiring dengan keinginan perusahaan menciptakan, bukanlah pekerjaan mudah. Berdasarkan konsep servqual,kualitas pelayanan mempunyai 5 dimensi yaitu keandalan, ketanggapan, jaminan, empati, wujud.

3.5  Metode Analisis

  1. Metode Chi Square

X2 = S (Fo – Fe) / Fe

Ket :  X2 = Chi Square

S   = Jumlah responden

Fo  = Frekuensi yang di observasi dari pengamatan / hasil kuesioner

Fe  = Frekuensi yang diharapkan

Untuk mencari Fe digunakan rumus :

Fe = (total baris) x (total kolom) / (total observasi)

Tingkat signifikan 5% (0,05)

2.    Metode Skala Likert

Skala Likert adalah metode yang dipergunakan untuk mengukur sikap, pendapat dan persepsi atau sekelompok orang tentang fenomena sosial telah ditetapkan secara spesifik oleh peneliti dengan menggunakan skala likert, maka variabel yang diukur di jabarkan menjadi komponen-komponen yang dapat terukur. komponen-komponen ini terukur kemudian dijadikan titik tolak untuk menyusun item instrumen-instrumen berupa pertanyaan-pertanyaan yang kemudian dijawab oleh responden. Jawaban setiap item instrumen yang menggunakan skala likert mempunyai gradasi positif samapai negative.

Pada penelitian ini sendiri menggunakan jawaban antara lain :

Tabel 3.1

Kriteria Penilaian Tingkat Kepuasan

Keterangan

Bobot

Sangat Puas (SP) 5
Puas (P) 4
Cukup Puas (CP) 3
Kurang Puas (KP) 2
Sangat Tidak Puas (STP)

1

 

 

 

 

 

Untuk keperluan secara kuantitatif maka jawaban tersebut dapat diberi skor instrument penelitian yang menggunakan skala likert dapat dibuat dalam entuk check list ataupun pilihan ganda. Sedangkan didalam penulisan ini sendiri menggunakan metode check list.

Menurut J. Supranto (2003:27), penggolongan kategori tiap indikator dihitung berdasarkan nilai yang diperoleh dari hasil kuesioner dengan cara mengalihkan besar bobot (nilai) pada kategori tertentu yang telah ditetapkan dengan jumlah responden yang menjawab masing-masing kategori tersebut. Berdasarkan dengan 100 responden, maka dapat ditentukan bobot penilaian dengan menggunakan jarak yang dapat dihitung melalui nilai tertinggi dan nilai terendah sebagai berikut :

Jarak                   =  jarak tertinngi – jarak terendah

Nilai tertinggi  = total responden x bobot terbesar

= 100 x 5

= 500

Nilai terendah  = total responden x bobot terkecil

= 100 x 1

= 100

Interval            = Jarak / Banyaknya kelas

= 500 – 100 / 5   =  80

 

Tabel 3.2

Penilaian dan kelas interval

Interval Penilaian
100 – 179 Sangat Tidak Puas
180 – 259 Tidak Puas
260 – 329 Cukup Puas
340 – 419 Puas
420 – 500 Sangat Puas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s