PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK JALANAN PEREMPUAN YANG MENGALAMI KEKERASAN SEKSUAL

Posted: 15/02/2010 in Perlindungan Hukum terhadap anak Jalanan
Tag:

Dewasa ini permasalahan mengenai anak jalanan khususnya anak jalanan perempuan di negara Indonesia semakin kompleks saja, jumlah anak jalanan perempuan meningkat cukup drastis dari tahun ke tahun. Bukan hanaya anak jalanan perempuan yang semakin meningkat, namun yang lebih memprihatinkan lagi adalah lingkungan dunia jalanan yang negatif sehingga menimbulkan akibat negatif pula terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak jalanan perempuan tersebut. Kerawanan terhadap anak jalanan perempuan ini bisa dilihat dari pola hidup dan tingkah laku mereka yang bebas, adanya eksploitasi terhadap anak, baik eksploitasi ekonomi maupun eksploitasi seks, penyalahgunaan narkoba, kekerasan serta bahaya-bahaya lainnya yang ditimbulkan dari kekerasan hidup di jalanan. Peristiwa-peristiwa ini menunjukan hukum masih belum cukup berpihak pada anak, padahal sebagai subjek hukum anak-anak semestinya mendapat perlakuan dan perlindungan yang sama dengan orang dewasa. Bahkan kalau perlu anakpun berhak mendapat “advokasi”. Selama ini kajian tentang wanita maupun anak sudah banyak dilakukan baik melalui seminar-seminar nasional maupun internasional, lokakarya, diskusi yang diselenggarakan oleh berbagai instansi pemerintah, swasta, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), termasuk penelitian-penelitian yang dilakukan di lingkungan perguruan tinggi. Orientasi kajian tersebut pada dasarnya lebih dititiberatkan pada anak jalanan secara menyeluruh (global) baik dalam segi pembinaan keterampilan, dalam pemberdayaan ekonomi maupun keberadaan “rumah singgah” tempat mereka mengikuti pembinaan keterampilan.
Disatu pihak berbagai peraturan perundangan baik secara nasional maupun internasional mengenai perlindungan terhadap anak telah banyak diterbitkan. Termasuk kajian-kajian serta penelitian mengenai wanita dan anak telah sering diselenggarakan khususnya anak jalanan. Di lain pihak aspek perlindungan bagi anak belum tampak kepermukaan, terutama mengenai keberadaan anak jalanan perempuan yang menjadi korban kekerasan kejahatan seksual.
Berdasarkan hal tersebut di atas maka penulis merumuskan judul penelitian yaitu : “ PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK JALANAN PEREMPUAN YANG MENGALAMI KEKERASAN SEKSUAL”. Dengan studi deskriptif di Yayasan Rumah Singgah Bahtera Kota Bandung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s